Kamis, 30 Oktober 2008

MANUSIA KOMUNIKATOR KOMUNIKAN DAN MEDIUM

HAHIKAT MANUSIA
Seperti juga hewan atau tumbuhan manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan. Namun apakah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya itu? Mari kita kaji makhluk manusia berdasarkan prealatan tubuh yang di milikinya.

Peralatan Tubuh Manusia
Berdasarkan sifat matrinya peralatan tubuh manusia dapat kita bedakan atas peralatan jasmani dan peralatan rohani. Baik komunikator dan komunikan adalah manusia, keduanya menggunakan peralatan jasmani dan rohaninya dalam berkomunikasi.
Dalam komunikasi intrapribadi manusia komunikator menggunakan peralatan rohani seperti hati nurani, akal, budi dan seperangkat naluri untuk menyusun pesan.

Peralatan Jasmani
Peralatan Jasmani memiliki fungsinya masing - masing. Misal paru - paru untuk memompa udara, jantung untuk memompa darah, kaki untuk berdiri dan berjalan, tangan untuk memegang, mulut untuk bicara telinga untuk mendengar dan sebagainya Pada sisi komunikator, peralatan jasmani yang berfungsi tidak sebagaimana adanya dapat bermarimkan ( transmit ) pesan seorang pedagang Cina maksudnya rugilah.

Peralatan Rohani
Seperti halnya peralatan jasmani, peralatan juga memiliki fungsinya masing - masing. Peralatan rohani bekerja secara simultan bersama - sama terusmenerus sepanjang kesadaran manusia pemiliknya.
Karena sifatnya yang konkret kita mudah membedakan masing - masing peralatan jasmani yang kita miliki.

Akal
Akal adalah salah satu peralatan rohani manusia yang berfungsi untuk membedakan mana yang salah dan benar, mengingat menghubungkan menganalisis dan menyimpulkan.

Budi
Dalam buku ini budi kita maknai sebagai salah satu peralatan rohani manusia yang berfungsi untuk membedakan baik dan buruk ( etika ).

Naluri
Naluri Kebahagiaan : yaitu doronga yang dibawa manusia sejak lahir untuk teru - menerus mencari dan menemukan kebahagian. Tidak ada satupun di antara kita yang tidak ingin bahagia.

Naluri Sosial : yaitu dorongan yang dibawa manusia sejak lahir untuk terus - menerus berupaya hidup bersama - sama dengan manusi lainnya.

Naluri Ingin Tahu : yaitu dorongan yang dibawa manusia sejak lahir untuk terus - menerus berupaya mengetahui segala sesuatu, termasuk hal ihwal dirinya sendiri.

Naluri Komunikasi : yaitu dorongan dibawa manusia sejak lahir untuk terus - menerus berupaya menyampaikan pesan kepada manusia lainnya.

Hati Nurani
Hati Nurani Anda akan " memuja " Anda apabila tindak komunikasi yang kemudian Anda lakukan adalah mendukungnya. Sebaliknya ia akan " menghujat " Anda apabila bertentangan dengannya.

Motif Komunikasi
Kita mendefinisikan komunikasi sebagai usaha penyampaikan pesan antar manusia, sementara pesan kita maknai sebagai segala sesuatu yang disampaikan komunikator kepada komunikan untuk mewujudkan motif komunikasinya.

Konsep Kebahagian Motif Komunikasi Dan Pesan

Untuk memudahkan pemahaman hal ini, cobalah Anda fikirkan tiga pertanyaan di bawah ini.
  1. Mengapa manusia melakukan tindak komunikasi dengan menyampaikan pesan kepada manusia lain?
  2. Dari manakah datanganya motif komunikas?i Dapatkah Anda menjelaskan proses terbentuknya motif komunikasi?
  3. Dari manakah datanganya konsepsi kebahagiaan? Dapatkah Anda menjelaskan proses terbentuknya konsepsi kebahagiaan?

Tidak ada komentar: