Kamis, 30 Oktober 2008

PROSES PENYAMPAIAN PESAN INTRAPRIBADI DAN ANTAR PRIBADI

Latar Proses Komunikasi
Proses Komunikasi terjadi manakala manusia berinteraksi dalam aktivitas komunikasi menyampaikan pesan guna mewujudkan motif komunikasi.
Komunikasi intrapribadi dan antar pribadi adalahlandasan dari komunikasi pada tataran di atasnya.

Tahapan Proses Komunikasi
Proses komunikasi yang lengkap bermula sejak peralatan rohaniah manusia bekerja menghasilkan hasil kerja peralatan rohaniah penyusunan falsafah hidup, pembentukan konsepsi kebahagian munculnya motif komunikasi.

Pesan Komunikasi Tidak Harus Diterima
Lantas kapankah suatu gejala dapat masuk dalam kajian ilmu komunikasi, ilmu yang mempelajari usaha penyampaian pesan antar manusia.
Ketika Anda melakukan tindak komunikasi dengan mengirimkan ( transmit ) pesan kepada komunikasi, Komunikasi sebagaimana kita definisikan adalah usaha penyampaikan pesan antar manusia.

Tindak Komunikasi Indikasi Utama Komunikasi
berdasarkan uaraian sampai di sini sekali lagi kita pertegas untuk dapat terjadi komunikasim minimal harus terdiri dari tiga unsur : adanya komunikator, adanya pesan, dan adanya target komunikan, yaitu kepada siapa pesan komunikator ditunjukan. Dari untuk mengindikasikan ada-tidaknya komunikasi adalah dengan mengamati tidak komunikasi.

Komunikasi Tidak Harus Memiliki Umpan Balik
berdasarkan uraian di atas, bahwa proses komunikasi dapat berhenti setiap tahap dan bahwa pesan komunikasi tidak harus di terima oleh komunikan maka dapat dinyatakan bahwa dalam komunikasi, komunikan tidak harus memberikan umpan balik.

Tidak ada komentar: