Rabu, 29 Oktober 2008

TATARAN KOMUNIKASI

Dari Komunikasi Intraribadi

hingga komunikasi selalu muncul dalam konteks, yakni dalam suatu setting atau tertentu. Secara teoretis, konteks komunikasi dapat dibagi dengan berbagai cara, tergantung kategori yang kita gunakan. Misalnya, berdasarkan kategori jenis muatan pesan, komunikasi dapat dibagi atas komunikasi politik, komunikasi bisnis, komunikasi kesehatan, komunikasi sosial.


Komunikasi Intrapribadi

Komunikasi Intrapribadi adalah komunikasi yang terjadi di dalam diri komunikator atau lazim disebut komunikasi dengan diri sendiri.

Komunikasi Antarpribadi

Komunikasi Antarpribadi adalah dapat terjadi dalam konteks satu komunikator denagn satu komunikan (komunikasi diadik dua orang) atau satu komunikator dengan dua lomunikan (komunikasi triadik tiga orang).

Komunikasi Kelompok

Apabila jumlah pelaku komunikasi lebih dari tiga orang, cenderung dianggap komunikasi kelompok kecil atau lazim disebut komuniksai kelompok saja. Sedangkan komunikasi kelompok besar biasa disebut sebagai komunikasi politik.

Komunikasi Publik

Komunikasi publik disebut juga komunikasi kelompok besar karena melibatkan komunikan khalayak yang relatif besar dan karenanya sulit saling mengenal secara dalam satu persatu.

Komunikasi Organisasi

Komunikasi Organisai terjadi di dalam organisasi maupun antarorganisasi, bersifat formal maupun informal. Semakin formal sifatnya, semakin terstruktur pesan yang disampaikan.

Komunikasi Massa

Komunikasi Massa melibatkan jumlah komunikan yabg banyak, tersebar dalam area geografis yang luas, namun punya perhatian dan minat terhadap isu yang sama. Karena itu agar pesan dapat diterima serentak pada waktu yang sama.

Apa Kesimpulan Semua Ini

Sifat pesan :
Semakin rendah tataran komunikasi, pesan semakin tidak berstruktur dan informal.
Sebaliknya, semakin tinggi tataran komunikasi pesan akan semakin terstruktur dan informal.
Ketika Anda berbicara dengan kawan Anda secara pribadi tentu berbeda saat Anda harus menyampaikannya.

Saluran dan Media Komunikasi :
semakin rendah tataran komunikasi, semakin pribadi median komunikasi yang digunakan, yakin berupa surat atau telepon.
Sebaliknya semakin tinggi tataran komunikasi, media komunikasi semakin bersifat massal.

Konsep Dan Istilah Penting

Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi Kelompok
Komunikasi Publik
Komunikasi Organisasi
Komunikasi Massa
Komunikasi Linear
Komunikasi Sirkuler

Tidak ada komentar: